Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya,
Oh! pada tanggal 28 Januari.
[49] Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya.
[50] Pada tanggal 30 Januari, kelompok dimulai promosi dengan rekaman
MBC Show! Music Core.
[51]Siaran penampilan mengalami pemadaman dekat akhir, dimana MBC membuat kinerja keseluruhan secara online yang tersedia dalam menanggapi hal ini.
[52] Dengan "Oh!", kelompok menempati tempat pertama untuk memenangkan lima kali berturut-turut K-Chart di
KBS Music Bank, serta mencapai triple crown pada
SBS Inkigayo.
[53] "Oh!" juga menang di
Music Bank K-chart setengah tahun, datang pada kedua pada babak pertama grafik penjualan album Hanteo,
[54] dan juga memenangkan K-Chart akhir tahun. Video musik peringkat sebagai nomor satu terbanyak dilihat di
YouTube video di Korea pada akhir 2010. Juga nomor satu di Hong Kong dan membuat sepuluh besar baik di Taiwan dan peringkat Jepang.
[55]
Girls' Generation di acara LG pada 2010.
Dimulai pada tanggal 11 Maret 2010, foto-foto anggota yang dirilis secara online menampilkan konsep gelap, dijuluki "Black SoShi".
[56] Sebuah video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan singel baru
Run Devil Run dirilis sebagai singel digital pada 17 Maret.
Pertengahan Juni, diumumkan bahwa kelompok itu menandatangani kontrak pada bulan Mei, dan akan mulai bekerja di bawah label rekaman Universal Music Japan, Nayutawave Records Japan untuk promosi mereka di Jepang, dengan singel pertama mereka di Jepang diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2010.
[57][58][59] Girls' Generation mulai promosi di Jepang pada bulan Agustus. "少女時代到来~初来日記念盤~" (
Girls' Generation's Arrival ~ First Time in Japan Commemoration Disc ~), sebuah DVD yang menampilkan tujuh video musik kelompok serta rekaman bonus khusus, dirilis pada 11 Agustus, dengan edisi khusus dari DVD berisi glowstick merah muda serta tiket masuk untuk debut Girls' Generation di
Tokyo Ariake Colliseum pada 25 Agustus.
[60] Pada minggu pertama setelah rilis, DVD terjual 23.000 eksemplar, peringkat keempat di peringkat Oricon mingguan DVD dan ketiga pada peringkat DVD musik mingguan,
[61] dan membuat Girls' Generation kelompok wanita pertama K-pop untuk membuat peringkat Oricon DVD Top-5.
[62]
Pada tanggal 25 Agustus, kelompok mengadakan showcase pertama mereka di Tokyo Ariake Colliseum.
[65] Dengan 10.000 penggemar awal diundang, dilaporkan menjadi rencana paling besar-besaran untuk artis Korea memulai debutnya di Jepang.
[60]Namun, karena tingginya jumlah peserta yang diharapkan, manajemen kelompok mengumumkan bahwa menampilkan akan berlangsung tiga kali dalam hari yang sama bukan sekali untuk menampung sejumlah besar penggemar.
[66] Kelompok menyanyikan lima lagu Korea mereka di masing-masing penampilan, dan jumlah peserta lebih dari ketiga menunjukkan diperkirakan setidaknya 22.000.
[67] Pada showcase ini, video musik Jepang "Genie" juga diungkapkan publik untuk pertama kalinya dan teaser yang telah dirilis beberapa hari sebelumnya pada 20 Agustus.
[68]
Singel debut Jepang mereka, "Genie" debut di tempat kelima pada hari yang sama peluncurannya pada harian
Oricon Charts dan kemudian naik ke posisi kedua di Daily Oricon beberapa waktu kemudian, mendapatkan posisi keempat pada peringkat mingguan Oricon.
[69][70][71] Kelompok juga menempati nomor satu pada grafik video musik Jepang iTunes' dan kedua di
Rekochoku chart harian video klip dan chart film yang masuk peringkat harian sehari kemudian.
[72] Dengan pre-order sebesar 80.000, singel dijual sebanyak diperkirakan 45.000 eksemplar pada minggu pertama setelah rilis.
[73][74] Pada tanggal 20 Oktober 2010, kelompok merilis singel kedua mereka di Jepang, "
Gee".
[75][76]
Seminggu setelah merilis singel Jepang mereka, kelompok ini merilis album mini Korea ketiga mereka,
Hoot pada 27 Oktober 2010, berisi lima track.
[77] Video untuk singel utama, "
Hoot", lagu aslinya ditulis dalam bahasa Inggris sebagai "Bulletproof", dirilis pada 28 Oktober.
[78][79] Girls' Generation memulai kegiatan promosi mereka dengan panggung comeback pada
KBS Music Bank pada 29 Oktober.
[80] "Hoot" cepat naik ke puncak tangga lagu dan menerima tempat nomor satu di banyak acara musik, terbukti rilis lain yang sukses untuk grup.
[81][82][83][84] Kelompok bersamaan mempromosikan "Hoot" dan "Gee" di Korea dan Jepang masing-masing, dan berpartisipasi dalam siaran musik Jepang seperti
FNS Music Festival, di mana mereka tampil dengan dua singel Jepang mereka, "
Gee" dan "Genie" pada tanggal 4 Desember.
Pada 22 Desember 2010, "
Hoot" itu dikemas ulang dengan lagu tambahan dari album sebelumnya dan dirilis di Jepang. Rilis naik ke posisi kedua pada tangga lagu Oricon dan terjual 21.000 eksemplar pada hari pertama, faring sangat baik mengingat bahwa semua track termasuk yang seluruhnya dalam bahasa Korea.
[85]
Pada 9 Desember 2010, kelompok menghadiri
Golden Disk Awards dan dianugerahi tiga penghargaan termasuk Disk Daesang (Album of the Year) untuk album studio kedua mereka
Oh!. Kelompok ini juga menjadi kelompok gadis pertama yang memiliki Disk Daesang (2010) dan Digital Daesang (2009). Pada 15 Desember 2010, kelompok menghadiri
Melon Music Awards memenangkan penghargaan
Best Dressed Singer dan penghargaan
Hot Trend Song untuk, "Hoot", juga penghargaan
Artist of the Year. Ini akan menjadi kedua berturut-turut penghargaan 'Artist of the Year' untuk kelompok. Mereka menempati teratas
Hanteo tahunan chart
Singer Award untuk 2010.
[86]
Nama kelompok ini terdaftar pada daftar Asia Today
50 Korean power leaders for 2011 di nomor 44, menjadi satu-satunya grup idola dari daftar.
[8] Girls' Generation ditetapkan "Artist of the Year" oleh Dosirak, Soribada, Korea Gallup, Hanteo dan Sport Korea dan juga memenangkan
Best Song of The Year dengan "Oh!" di Monkey 3.
[87][88]