Girls' Generation menghadiri 2009 Cyworld Digital Music Awards.
Sebuah video
teaser dirilis pada Januari 2009 dan tak lama setelahnya, singel terbaru berjudul "
Gee" pun dirilis. Lagu ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital hanya dalam jangka waktu dua hari setelah dirilis.
[31] Girls' Generation memulai aktivitas promosi pada Januari 2009 di MBC
Show! Music Core di mana mereka menyanyikan "Gee" dan "Himnae (Way to Go)".
Seminggu setelah perilisan, "Gee" memperoleh posisi pertama di KBS
Music Bankdan SBS
Inkigayo. "Gee" menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di
Music Bank untuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan
minggu berturut-turut, serta meraih
triple crown di
Inkigayo. S.M. Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisa penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan. Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu
Mujikon,
Melon dan
Mnet selama delapan minggu berturut-turut,
Dosirak selama tujuh minggu,
Muse selama enam minggu, dan
Baksu selama empat minggu.
[32][33] "Gee" mendapatkan gelar
song of the decade dari situs musik Korea, MelOn.
[34]
Pada Mei 2009, Girls' Generation membintangi
reality show baru yang berjudul
Girls' Generation's Horror Movie Factory. Program ini berakhir setelah enam episode karena
rating yang rendah. Tak lama kemudian diumumkan bahwa program baru yang juga mereka bintangi bertajuk
Himnaera Him! ("
Cheer Up!") terpilih untuk mengisi slot kosong tersebut dan mulai tayang seminggu setelah episode terakhir dari
Horror Movie Factory.
[35] Namun seiring dengan perilisan album mini terbaru yang membuat mereka sibuk dengan kegiatan promosi, program tersebut terpaksa dihentikan setelah tayang sebanyak dua episode.
[36] Pada hari penayangan episode final dari
Cheer Up!, diumumkan bahwa Girls' Generation akan membintangi
reality show baru di
KBS Joy, berjudul
Girls' Generation's Hello Babyyang tayang perdana pada 23 Juni 2009.
[37]
Girls' Generation membawakan lagu "Genie" di LG Mobile Worldcup pada tahun 2009.
Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan konsep "
Marine Girl". Singel baru mereka diberi judul "
Tell Me Your Wish (Genie)", dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009. Perilisan album dalam bentuk fisik ditunda oleh S.M. Entertainment untuk menggarap ulang
cover album, dan akhirnya dirilis empat hari kemudian pada 29 Juni 2009.
[38][39] Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009 dengan tampil di KBS
Music Bank,
[40] yang kemudian disusul dengan penampilan di MBC
Show! Music Core dan SBS
Inkigayo.
Kemenangan pertama mereka untuk singel "Genie" diperoleh pada 10 Juli 2009 di
Music Bank, disusul kemenangan kedua di
Inkigayo pada 12 Juli 2009. Kesuksesan lagu ini terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs.
[41] Penjualan album pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka penjualan minggu pertama
Gee), pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah
girl group Korea.
[42] Per tahun 2010, album ini sudah terjual lebih dari 200.000 kopi.
[43] Girls' Generation mengakhiri promosi untuk "Genie" pada 15 Agustus 2009.
[44]
Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser pertama Girls' Generation yang bertajuk
Into the New World. Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November
[45] dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu tiga menit.
[46] Tur dimulai di Olympic Park Fencing Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai.
[47]Belakangan, diumumkan bahwa Girls' Generation akan menggelar konser
encore pada 27 dan 28 Februari 2010.
[48]